Sabtu, 08 Maret 2014

KOPMA WS MENDUKUNG HGKNPI SELARASKAN GERAKAN KEWIRAUSAHAAN NASIONAL




pelantikan pengurus HGKNPI Jateng
Semarang_Unit Kegiatan Mahasiswa Institut Koperasi Mahasiswa Walisongo Semarang IAIN Walisongo semarang (Kopma WS) menghadiri acara Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Gerakan Kewirausahaan Nasional Pemuda Indonesia (HGKNPI) provinsi Jawa Tengah tahun 2014 serta rapat pendirian dan pembentukan Koperasi Simpan Pinjam Wirausaha Sukses Bersama dan, Rabu (5/14).
Sebagai refleksi dari Gerakan Kewirausahaan Nasional yang dicanangkan pemerintah pada bulan Mei tahun 2013, maka lahirlah Himpunan Gerakan Kewirausahaan Nasional Pemuda Indonesia (HGKNPI), dimulai di Jakarta pada tanggal 01 November 2013, dan kemudian diteruskan ke berbagai daerah di Indonesia, dan salah satunya adalah Jawa Tengah. Pembentukan HGKNPI sendiri bertujuan untuk menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat dengan cara meningkatkan jumlah wirausahawan baru di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Disamping itu pada kesempatan kali juga digelar acara pembentukan Koperasi Simpan Pinjam Wirausaha Sukses Bersama yang merupakan binaan dari HGKNPI.
Acara yang diselenggarakan di Hotel Siliwangi Semarang ini juga menuai apresiasi yang cukup meriah dari berbagai kalangan. Pasalnya acara ini dihadiri oleh Debuti PSDM Kementrian dan UMKM RI, Bapak Prakoso BS. MM., Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Wilayah Jawa Tengah, Bapak Ir. Sujarwanto Dwi Atmoko, Msi., Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang yang diwakili Oleh bapak Bambang Sugeng., dan Seluruh Wirausahawan muda di Provinsi Jawa Tengah seperti Kopma IAIN Walisongo Semarang, Kopma UNNES, Kopma Unimus, Kopma UNS, Kopma unsoed, Kopma pekalongan, kopma uty, Kopma fatawa, dan kopma akprind serta kopma lainya.
Dalam pelantikan ini bapak insinyur Soejarwanto Dwi Atmoko, Msi menuturkan bahwa dengan dilantiknya pengurus baru HGKNPI diharapkan HGKNPI ini dapat berkembang dan bisa menghadirkan sebuah inspirasi bagi para pemuda Indonesia untuk meningkatkan semangat berkoperasi khusunya untuk Koperasi mahasiswa Walisongo Semarang.
Acara ini dimulai pada pukul 13.45 WIB dengan pembukaan ulumul kitab. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film dokumentasi dari kalangan teman-teman koperasi yang telah bergerak dibidang usaha binaan HGKNPI.
Pemukulan gong oleh Bapak  Prakoso BS. MM
Setelah serangkaian susunanan acara telah dilaksanakan, tibalah saat pemukulan gong sebanyak 5 kali oleh Bapak  Prakoso BS. MM selaku Deputi PSDM kementrian dan UMKM RI sebagai simbol bahwa acara resmi telah dibuka. Kemudian dilanjutkan dengan penulisan pesan-pesan, motivasi sebagai bentuk apresiasi beliau terhadap HGKNPI.
“Dari pada riwa-riwi cari kerja lebih baik wirausaha. Galang para wirausaha untuk membentuk koperasi yang tangguh, koperasi agar mendidik anggotanya menjadi wirausaha, agar dapat mempercepat bangsa indonesia yang makmur dan merata” Tulis Bapak Prakoso BS. MM  dalam sebuah papan pesan. Sungguh tulisan yang sangat bermakna dan berarti bagi pemuda indonesia untuk meningkatkan jiwa berkoperasi dalam ranah menciptakan perekonomian nasional yang baik.(YS)
Disqus Comments